Senin, 01 Oktober 2012

Pernafasan perut

Anda dapat melatih pernafasan perut kapan pun, dimana pun, dan dalam posisi apapun — duduk, berdiri, atau berbaring. Mungkin paling mudah dilakukan saat di tempat tidur, saat bangun pagi, atau sebelum tidur. Bahkan dapat membantu dengan tidur. Latihan di saat-saat lain di sepanjang hari, saat sedang duduk, berdiri, maupun berjalan.
Dimulai dengan menempatkan satu tangan di atas dada dan tangan lain di perut, di bawah pusar. Pertama, perlahan-lahan amati nafas Anda. Bernafas melalui hidung, biarkan perut mengembang perlahan saat menarik nafas dan kempiskan saat membuangnya. Idealnya, perut akan mengembang dan mengempis, namun gerakan di dada minimal. Bernafaslah dengan lembut dan perlahan.
Perhatikan segala ketegangan dalam proses, saat menarik atau membuang nafas. Membuang nafas sedikit lebih lama daripada menarik nafas dapat membantu meredakan ketegangan.
Pedoman dari seorang yang berpengalaman juga membantu. Sistem penyembuhan pengobatan China dan Ayurveda menawarkan banyak perangkat praktis untuk mempelajari bagaimana bernafas secara alami seperti yang kita inginkan, misalnya: qigong, taichi, dan yoga.
Sistem ini juga menawarkan teknik pernafasan yang lebih memajukan dan meningkatkan kesehatan kita. Detil pengerjaannya di luar jangkauan artikel ini dan lebih diutamakan bila berlatih dari seorang guru.

Saran praktis

Jangan khawatir bila Anda tidak bernafas dengan benar. Tidak ada yang benar maupun salah. Hanya sadari bahwa metode dan teknik yang berbeda memiliki dampak yang berbeda pada tubuh-pikiran Anda. Dan perhatikan bagaimana Anda bernafas. Memperhatikan bagaimana Anda bernafas mungkin akan mengubah kondisi emosi. Hanya, mulailah menyadarinya. Jika Anda merasa gelisah, khawatir, takut, atau mengalami emosi yang tidak nyaman lain, bereksperimenlah dengan bernafas melalui perut.
Perhatikan bagaimana Anda bernafas selama melakukan aktivitas sehari-hari, dan eksperimen dengan pernafasan perut yang intensif jika Anda mulai bernafas melalui dada. Ambil keuntungan di saat-saat: menunggu komputer menyala, saat antri di kasir, saat menyetir, di bis atau kereta, amati dan eksperimen dengan nafas Anda. Bernafas melalui perut dapat membuat macet di jalan menjadi lebih menyenangkan jika Anda merasa tertantang di kemacetan jalan.
Pertimbangkan untuk menyempatkan diri Anda, bahkan hanya satu atau dua menit, untuk memperhatikan dan melatih pernafasan perut.
Saran final saya adalah perlakukan diri Anda dengan lembut. Santai saja. Jangan menghakimi diri sendiri. Beberapa pikiran akan mempengaruhi pernafasan Anda, psikologis Anda, dan fisik, mental, dan emosional manusia. Dan karenanya Anda sangat mungkin menahan nafas!  (Dr. Patricia A M/The Epoch Times/feb)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar